Hari ini 09 November 2011 saya mengikuti National lecturer series ‘modul kewirausahaan’ yang diselenggarakan oleh Universitas Udayana, DIKTI dan bekerjasama dengan Bank Mandiri. Kuliah umum mengenai entrepreneurship ini dilaksanakan di gedung GDLN dan diikuti oleh kurang lebih 50 orang mahasiswa. Informasi awal dari SMS yang saya terima pembicaranya adalah Sandiaga Uno, tapi ternyata bukan (padahal uda bela-belain bangun pagi) .
(-__-)

suasana teleconfrence - foto oleh @xtha_lita

Tapi ga apa-apa deh, toh ilmu bisa di dapat dimanapun dengan siapapun πŸ™‚ *menghiburdiri

Materi pertama disampaikan oleh director finance and strategic Bank Mandiri (Pak hala). Beliau menyampaikan bahwa teleconfrence ini merupakan kegiatan kuliah pertama yang dilaksanakan bekerjasama dengan DIKTI dan diikuti secara serentak oleh perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Mulai dari Universitas di pulau Sumatra, Jawa, Bali hingga Universitas di papua. Bank Mandiri mulai fokus untuk melaksanakan CSR untuk membangkitkan jiwa entrepreuner para pemuda dengan mengadakan wirausahamuda mandiri dan untuk tahun ini diadakan juga technopreneurship, untuk pendaftaran masih dibuka hingga akhir bulan november ini.

Pembicara kedua ada Svida alisjahbana yang merupakan dari CEO Femina Group (@svidss). Diawali dengan menyampaikan latar belakang dan perjalanan hidupnya yang jatuh bangun, sangat memotivasi saya untuk selalu berusaha mengahadapi tantangan yang ada. Beliau tertarik dengan salah satu kalimat dalam speech steve jobs, ‘Stay foolish,stay hunger’ jgn pernah lelah untuk mencari dan bertanya. Jgn pernah puas dg 1 ide 1 kesuksesan, lakukan inovasi.
Fall seven times and stand up eight (japanese proverb). Kembangkan ide untuk soul usaha kita. Demikian pula dalam membangun suatu usaha, pasti tidak akan terlepas dari kegagalan dan kesalahan. Dalam hal inilah dituntut kedewasaan dan keteguhan para wirausahawan untuk bangkit dan mengakui kesalahan tersebut. “Ga usah jadi orang paling pintar atau serba tahu dalam suatu lingkungan, jadilah orang yang fleksibel, pinter membaca situasi, suka bergaul, think smart” ungkapnya.

Perempuan yang selalu menjaga komunikasi dan koordinasi mengenai pembagian tugas rumah tangga dengan suaminya ini sangat mengidolakan Sir richard branson pemilik virgin group. Menurutnya Richard branson adalah pribadi yang unik, cita-citanya ingin terbang keliling dunia dengan balon udara. Yang menjadi panutan bahwa ia selalu santai namun serius dalam berbisnis “a bussiness has to be involving, it has to be fun, and it has to excercise your creative instincts” kalau sedih jangan terlalu jatuh, kalau berhasil rayakanlah. keep it fun! Jangan terpuruk terlalu lama, bangun dan gali lagi potensi diri.
Berbicara tentang keberuntungan, @svidss tak percaya kalau keberuntungan itu datang begitu saja, semuanya harus dipersiapkan dengan baik. ‘Luck is oppurtunity meet preparation’. “Tuhan pun akan merestui kalau kita siap, ada cinta ada passion, tidak sembarang diberikan ke kita”. Mengakhiri national lecturer entrepreneurship beliau berpesan “jangan pernah berhenti sekolah, karena sekolah memberikan tools dan struktur untuk berpikir, pengalaman dilapangan juga penting karena memberikan pelajaran hidup.

Teleconfrence ini berlangsung selama 3 jam, dengan kesempatan bertanya yang diberikan kepada beberapa peserta dari luar jakarta.
Senang bisa dapat ilmu baru lagi, klik kanan’refresh’.

info: Kegiatan ini akan dilaksanakan lagi tanggal 15 November 2011 di GDLN Unud jalan PB.Sudirman jam 10 pagi. bakalan ada souvenir dan doorprize menarik dan tentunya ada pembicara kompeten yang akan berbagi ilmunya. be there … ^^b

Advertisements