Salah satu faktor yang penting dalam proses komunikasi adalah media. Ada berbagai macam media yang dapat digunakan sesuai dengan sasaran dan tujuan yang ingin dicapai dengan masing-masing kekurangan dan kelebihan yang dimiliki. Terlepas dari hal tersebut, dalam berkomunikasi dengan masyarakat salah satu media yang dapat secara efektif digunakan adalah Radio. Radio sebagai media portable yang bisa diakses dimana saja oleh siapa saja dapat mendukung pengembangan masyarakat menuju kearah yang lebih baik. Melalui program-program yang ada radio dapat menjadi media pembelajaran, penyampaian informasi serta sarana umpan balik yang baik antara masyarakat dengan pemerintah atau stake holder terkait. Untuk itulah Radio Heartline FM (Health Community Resources) melaksanakan Bali Work Placement. BWP diadakan sebagai media training melaksanakan community development.

Bali Work Placement (BWP) dilaksanakan setiap tahunnya diikuti oleh Mahasiswa dari dalam dan Luar negeri, dari berbagai latar belakang studi, khususnya dibidang kesehatan masyarakat. Dalam kegiatan BWP yang berlangsung selama 3 minggu, akan dilaksanakan pelatihan di dalam kelas dan juga praktik dilapangan. Pemadumadanan Teori dan praktik ini diharapkan dapat melatih kemampuan hard skill dan soft skil para generasi muda khususnya para mahasiswa. Pemberian materi dilaksanakan dengan bahasa Inggris, dan untuk komunikasi dengan masyarakat dilaksanakan dengan bahasa Indonesia dan Bahasa Bali. Peserta dari Indonesia diharapkan menguasai 3 bahasa tersebut untuk membantu memfasilitasi penyampaian informasi antara warga masyarakat dengan Mahasiswa Luar Negeri. BWP memiliki beberapa tujuan antara lain untuk membantu mahasiswa mengetahui kebutuhan masyarakat akan informasi sehingga dapat melakukan sosialisasi dan pembelajaran lewat radio, BWP dapat dijadikan sebagai sarana pertukaran ilmu, pengalaman dan transfer pengetahuan dibidang pengembangan masyarakat khusnya bidang promosi kesehatan antara mahasiswa Luar negeri dengan mahasiswa Indonesia khususnya Bali. Dengan melatih generasi muda yang akan terjun ke masyarakat ini diharapkan masyarakat dapat meningkat mutu dan kualitas hidupnya karena informasi dan edukasi promosi kesehatan yang diberikan. Dan secara perlahan hal ini diharapkan dapat mengubah kebiasaan masyarakat agar berperilaku hidup sehat dan lebih mandiri.

Dalam kegiatan BWP ini , mahasiswa akan mendapatkan materi training seputaran dunia broadcasting khususnya tentang seluk beluk radio, praktik memproduksi naskah Iklan layanan masyarakat serta interview yang baik dengan pihak-pihak terkait serta opini dari masyarakat menyangkut berbagai isu seputar kesehatan, pendidikan, social dan kualitas hidup masyarakat. Teori yang akan di praktikan dilapangan sebelumnya diberikan di kelas dahulu selama 1 minggu oleh tutor berpengalaman. Selain interview dan membuat Public Service Announcement (PSA) atau Iklan layanan masyarakat peserta juga merancang kegiatan sosialisasi isu terkait kepada masyarakat dan mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi menyikapi permasalahan yang ada. Selain itu, ada juga trip and tour activity untuk mengunjungi beberaoa tempat wisata di provinsi Bali. Di akhir training, peserta bisa menyimpulkan apa saja kebutuhan informasi dan pendidikan yang sangat dibutuhkan oeh masyarakat menyangkut isu sosial yang terjadi. Intinya, setelah mengikuti BWP generasi muda dapat menjadi yang lebih peka, makin peduli dan mampu menjadi solusi dalam menghadapi masalah kesehatan masyarakat yang ada. Demikianpula masyarakat dapat ikut berpartisipasi meningkatkan derajat kesehatannya.

Gedung Radio Heartline FM

More Information :
Mahanatha Lindo : 081 756 0335
Radio Heartline FM, Desa Tulikup, Kabupaten Gianyar, Bali.

Advertisements