Kunjungan BWP 2011 Kali ini adalah ke kisara youth center (KYC). Kisara adalah sebuah organisasi yang didirikan untuk membangkitkan rasa kepedulian remaja khususnya yang ada di Bali untuk ikut berpartisipasi dalam penyaluran informasi seputaran duniaremaja itu sendiri. Yuph, yaa dari remaja, oleh remaja, dan untuk remaja.


Ketika kami datang ke Kisara, kami telah disambut hangat oleh teman-teman relawan Kisara (sebutan untuk remaja yang bergabung di organisasi ini). Ada Elfira, Dodok, dan Dea, serta beberapa relawan lainnya. Dengan sigap Elfira selaku koordinator program memberikan penjelasan mengenai keberadaan organisasi remaja ini. Kisara dibentuk pada tanggal 14 Mei 1994 oleh para relawan remaja dan beberapa pemerhati remaja diantaranya Prof Wimpie Pangkahila, dokter Mangku Karmaya, dan beberapa relawan lainnya. Kisara diharapkan dapat menjadi organisasi untuk memberdayakan remaja dalam menghadapi problema remaja seperti permasalahan kesehatan reproduksi dan seksualitas seperti meningkatnya angka hubungan seks pranikah yang tidak aman, kehamilan yang tidak diinginkan, infeksi menular seksual, HIV/AIDS hingga penyalahgunaan narkoba. Kami sempat menanyakan beberapa hal mengenai program dan aktivitas yang dilaksanakan oleh kisara antara lain kegiatan konseling, on air di radio, aksi damai, lomba poster dan masih banyak lagi kegiatan remaja lainnya yang asik banget tentunya. Elfira sempat menceritakan tentang tantangan yang dihadapi di Kisara. “Banyak suka duka yang kami alami bersama disini” ungkap gadis manis yang baru saja menyelesaikan studinya di Ilmu Kesehatan Mayarakat, Universitas Udayana ini.
“Sukanya karena bisa ikut membantu sesama remaja untuk dapat memperjuangkan hak-haknya kalau dukanya ya misalnya relawan yang kurang loyal sehingga tidak bertahan cukup lama di organisasi. Tapi itu gak jadi masalah karena kami memiliki keinginan yang kuat untuk bekerjasama” imbuhnya.
Program yang ada di Kisara antara lain ada pelayanan konseling via surat, telepon, email internet, facebook maupun tatap muka. Ceramah, diskusi maupun seminar ,siaran di radio pelatihan-pelatihan untuk remaja, perpusatakaan mini. Semua kegiatan yang ada di Kisara tentunya sangat bernuansa remaja. Untuk kegiatan yang dilaksanakan biasanya ada program rutin ataupun sesuai dengan event-event tertentu misalnya Hari AIDS Sedunia, Hari Remaja Internasional, dan masih banyak lagi.

photo: Dane Waters (dodok, elfira, sarah sedang membuat iklan layanan masyarakat)


Bagi teman-teman yang ingin curhat, diskusi, sharing, ataupun pingin dapet informasi seputaran dunia remaja seperti Kesehatan reproduksi, HIV & AIDS dll atau ada yang mau gabungan jadi relawan Kisara silakan bisa langsung datang ke Jalan Gatot Subroto IV/6 Denpasar, Gedung PKBI, Lantai 3. Atau bisa melalui Telepon di (0361) 430200 Fax : 430214. Yang mau ketemu di dunia maya silakan berkicau di @kisara_bali atau web :http://kisara.or.id/. Viva Youth!

Advertisements