Tags

Hari saya dan rekan saya Laura Rouhan dari Melbourne University berkesempatan untuk melakukan wawancara dengan pengurus Komisi Penanggulangan AIDS Kab. Gianyar untuk mengetahui perkembangan HIV & AIDS khususnya di Kabupaten Gianyar. Berikut beberapa petikan hasil wawancara dengan Bapak Drs. I Dewa Oka Sedana, Sekretaris KPA Kab.Gianyar.


T : Bagaimana keadaan prevalensi HIV & AIDS di Gianyar saat ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya ?
J: Prevalensi secara umum perkembangan nya justru makin tahun makin mengkhawatirkan. Perkembangan kasus semakin meningkat secara komulatif dari tahun 2006 Gianyar menempati rangking 5 di Bali dengan perkembangan kasusnya dari tahun 2006 sejumlah 34 dengan 7 kematian , tahun 2007 58 kasus dengan 11 kematian, tahun 2008 ada 81 kasus dengan 15 kematian, tahun 2009 ada 129 kasus dengan 18 kematian, dan terjadi kenaikan secara konsisten sampai tahun 2010 yaitu 181 kasus dengan 23 kematian. Terjadi peningkatan yang signifikan setiap tahunnya minimal 35 %.

T: Kelompok mana saja yang beresiko terkena HIV & AIDS ?
J: Kelompok umur yang paling beresiko sekitar 25 sampai dengan 49 tahun. Beberapa tahun belakangan ini bahkan dari umur 15 sampai 24 tahun jumlahnya justru makin meningkat.

T: Apa saja yang menjadi Faktor resiko HIV & AIDS ?
J: Free sex dan penasun (pengguna narkoba suntik). Biasanya diawali dengan menggunakan putau kemudian menggunakan jarum suntik secara bergantian sehingga tertular HIV. Pada remaja biasanya akibat hubungan sex beresiko.

T: Apa sajakah program dari KPA Kab. Gianyar ?
J: Kiat di pemerintah Kab.Gianyar cukup banyak antara lain mengadakan penyuluhan rutin ke SMP atau SMA, kegiatan Jambore KSPAN untuk meningkatkan kemampuan untuk melakukan usaha preventif HIV AIDS dan Narkoba sehingga nantinya bisa memberikan informasi kepada keluarga dan masyarakat. Sosialisasi informasi kepada masyarakat biasanya langsung disampaikan melalui penyuluhan. Informasi yang diberikan adalah mengenai apa itu HIV & AIDS, Penularan, Gejala, agar masyarakat tahu apa yang mesti dilakukan apabila sudah terinfeksi HIV & AIDS agar langsung mengajak ke klinik VCT untuk cek darah, karena disediakan secara gratis untuk cek lab atau layanan konseling. Selain itu ada juga program Sero survey untuk mengecek status pelayan kafe (WPS) yg diduga menjadi salah satu sumber penularan HIV & AIDS, Kegiatan ini dilaksanakan dengan mencari status mereka, apakah positif atau tidak. Selain itu juga dibentuk jaringan ke bawah di tingkat kecamatan dan desa. Yaitu melalui pembentukan Kader desa peduli AIDS di desa pakraman. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menjadikan masyrakat sebagai pendamping dan penjangkau. Karena klinik cenderung pasif, jadi konselor tidak mungkin keluar untuk mencari warga yang suspect. Jadi dibutuhkan perpanjangan tangan dari KPA untuk ikut berpartisipasi menghubungkan segala informasi ke masyarakat.

T: Pesan/harapan:
J: kepada masyarakat secara umum terutama yg beresiko tinggi, yang biasanya digolongkan menjadi 3. Yaitu golongan Atas terdiri dari pengusaha, dokter dll, golongan menengah yaitu pengerajin, dll dan golongan Bawah misalnya buruh utnuk tidak melakukan hubungan seksual yang beresiko tertular HIV & AIDS, Apabila memang aktif melakukan hubungan seksual kurangi untuk yang beresiko atau gunakanlah kondom. Dihimbau juga kepada masyarakat apabila mengetahui keluarga ataua da anggota masyarakat lainnya yang positif HIV &AIDS agar tidak diberikan stigma negatif. Berilah mereka dukungan untuk VCT atau ARV. Dan apabila ada yang telah meninggal perlakukanlah mayat mereka dengan selayaknya. Karena KPA juga telah menyebarkan informasi mengenai Protap pemulasaran jenazah ODHA. Tokoh masyarakat diharapkan mampu menginformasikan kepada warganya untuk tidak mendiskriminasi ODHA semasa hidup ataupun sudah meninggal.

Key Message: “Mari kita sejak saat ini kita tekadkan dalam diri untuk memerangi HIV & AIDS dan Narkoba demi menyelematkan anak bangsa”

More information :
Sekretariat KPA Kab. Gianyar
Gudang belakang Pemda Kabupaten Gianyar
Jalan manik, Kabupaten Gianyar Bali
Telp/Fax (0361) 942184
Email: kpakabgianyar@yahoo.com

Advertisements