Halo Pengunjung Rumah diksi, yang doyan nulis atau mau nambah pengalaman mengikuti lomba memulis berikut ini ada informasi menarik yang bisa dijadikan salah satu referensi untuk mengasah kemampuan menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan. Jadilah Penulis Muda Indonesia 2011, karena dalam lomba menulis ini juga akan memperebutkan UNICEF AWARD FOR YOUNG WRITERS. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Yayasan Kesejahteraan Anak  Indonesia  (YKAI) bekerja  sama  dengan  Unicef  dan Kementerian Pemberdayaan  Perempuan dan Perlindungan Anak.

Lomba menulis ini sudah diadakan sejak 2004 sebagai upaya pemenuhan hak anak di Indonesia dan bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan kreativitas anak-anak remaja di bidang penulisan  serta merangsang  tumbuh  dan berkembangnya penulis-penulis muda yang kreatif, inovatif dan peka terhadap hal-hal yang ada di lingkungan sekitarnya.

Dan untuk tahun ini Tema yang diambil adalah :

“ANAK DAN NILAI-NILAI LUHUR”

Pengambilan tema ini dilatar belakangi oleh memudarnya nilai-nilai luhur dalam masyarakat yang semakin terlihat jelas akhir-akhir ini melalui berbagai aksi kekerasan, seperti tawuran pelajar dan tawuran antar warga serta aksi teror atas nama agama. Kebencian terhadap kelompok yang berbeda dan penggunaan aksi kekerasan sebagai solusi dalam mengatasi masalah semakin sering diperlihatkan. Nilai-nilai luhur bangsa Indonesia yang selama ini terangkum dalam Pancasila yang sebetulnya juga bersumber dari nilai-nilai agama yang tumbuh di Indonesia, mulai banyak ditinggalkan.  Nilai musyawarah untuk mufakat diabaikan dengan tindakan-tindakan yang  memaksakan kehendak. Nilai kemanusiaan yang adil dan beradab telah banyak dikotori oleh berbagai kasus pelanggaran hak asasi manusia, termasuk hak-hak anak, dan seterusnya.

Menanggapi permasalahan tersebut, Dalam Lomba menulis ini akan digali pandangan anak-anak , apa saja ide dan atau pendapat anak tentang penanaman nilai-nilai luhur di dalam kehidupan anak dan orang dewasa, baik secara pribadi maupun kelompok. Bagaimana penerapan hak dan kewajiban anak yang selaras dengan nilai-nilai luhur di Indonesia.

Lomba menulis ini ditujukan bagi dua kelompok peserta, yakni anak SLTP/sederajat dan anak SLTA/sederajat.  Persyaratan selengkapnya adalah sebagai berikut :

  • Peserta berusia 12 – 18 tahun (SMP/SMU/sederajat)
  • Bentuk artikel, asli, panjang tulisan 4-7 halaman A4, huruf Arial 12 pt spasi 1,5
  •  Sertakan data diri: nama, keterangan sekolah, kelas dan usia (disertai fotocopy bukti diri: KTP/Kartu Pelajar). Tuliskan alamat jelas dan nomor telepon yang bisa  dihubungi.  Cantumkan juga dari mana memperoleh informasi lomba.
  •  Tulisan dikirim ke : Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia (YKAI), Jl. Penghulu 18,  Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta, paling lambat tanggal 30 September 2011.

Untuk Informasi lebih lanjut silakan menghubungi telp. : 021-98292335 ; 021-98282905 ; 021-93810517 dan 0818-727864 (Aya) ; 0812-9464364 (Yuyun) ; 0818-660654 (Susan) dan www.ykai.net.

Nah untuk Pemenang lomba akan mendapat penghargaan dari Unicef, tabungan serta bingkisan dari sponsor. Selain itu sebanyak 20 naskah terbaik juga akan dibukukan

jadi, tunggu apalagi. Yuk berpartisipasi menuangkan ide gagasan lewat tulisan. Berbagi cerita dengan teman-teman diseluruh Nusantara bahkan ke tingkat Internasional kelak. Ditunggu yah partisipasinya…. Generasi Muda Indonesia tidak akan pernah takut mencoba atau gagal sebelum memulai untuk sukses.

semangat ^^b

Bravo Anak Indonesia

Anak Indonesia…..

Luaaar Biasa

info diolah dari :http://www.ykai.net/

Advertisements